Konstitusi Yang Aneh: Anggaran Pendidikan 20% dari APBN

Oleh: Mula Harahap

Saya belum pernah melihat konstitusi yang seaneh konstitusi Indonesia, yaitu bahwa suatu cita-cita bangsa dinyatakan secara kwantitatif; dan bukan kwalitatif. Dan saya rasa hanya Indonesia-lah satu-satunya negara di muka bumi ini yang secara eksplisit mengatakan bahwa anggaran pendidikan minimal haruslah 20% dari APBN. Lagipula, untuk apa lagi mencantumkan pernyataan yang bersifat kwantitatif seperti itu? Tokh di pembukaan konstitusi sudah dinyatakan secara
tegas bahwa salah satu tujuan dari dibentuknya negara ini adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pencantuman pernyataan atau tekad yang bersifat kwanititatif itu tentu saja membuat banyak kerepotan. Selama bertahun-tahun Pemerintah terpaksa harus melanggar konstitusi karena tak bisa memenuhi angka minimal tersebut. Dan siapa yang bisa menjamin bahwa di masa-masa mendatang, karena sesuatu alasan–misalnya perang–kita terpaksa harus menaikkan anggaran pertahanan dan terpaksa mengorbankan anggaran pendidikan?

Saya sangat setuju bahwa pendidikan atau upaya mencerdaskan bangsa haruslah menjadi prioritas negara. Tapi pernyataan secara eksplisit di dalam konstitusi yaitu bahwa anggaran pendidikan haruslah minimal 20% dari APBN menunjukkan bahwa para penyelenggara negara–terutama anggota MPR itu–memang masih dihinggapi oleh mentalitas proyek. Urgensi sebuah persoalan hanya diukur dari besarnya nilai uang.

Dan di tengah meruaknya skandal-skandal suap yang melibatkan anggota DPR seperti yang terjadi dewasa ini–maaf saja–saya jadi terpaksa berpikiran sinis: Berapa pula uang suap yang telah diterima oleh para anggota MPR (terutama yang berasal dari unsur DPR itu) dari fihak-fihak yang berkepentingan dengan anggaran pendidikan sebagai imbalan untuk membuat amandemen konstitusi yang aneh itu?

Saya semakin bingung dan tak percaya saja dengan negara ini. Dan menjelang ulang tahun proklamasi yang ke-63 dari negara ini izinkan saya mengatakan: Merdeka? [.]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s