GAGASAN

Kebutuhan Akan Pengetahuan
Seorang pemuda mendatangi Socrates dan berkata, “Saya membutuhkan pengetahuan.”
“Seberapa butuh?” tanya Socrates.
“Butuh sekali,” jawab pemuda itu.
Socrates membawanya ke pantai dan mereka sama-sama menceburkan diri sampai ke batas leher. Kemudian pemuda itu dibenamkannya ke dalam air sampai ia meronta-ronta dengan hebatnya.
Ketika mereka kembali muncul ke permukaan air, Socrates bertanya, “Apa yang kau butuhkan sekarang?”
“Udara. Saya sangat membutuhkan udara,” jawab pemuda itu.
“Bila kau membutuhkan pengetahuan sebagaimana kau membutuhkan udara ketika kau berada di dalam air, maka kau akan mendapatkannya.”
Nixeon Civille Handy

Mengakui dan Menerima Kesalahan
Akuilah kesalahan anda dengan terbuka, dan bahkan—kalau mungkin—dengan sukacita. Doronglah teman-teman anda untuk melakukan hal yang sama, yaitu dengan menaruh simpati terhadap mereka. Jangan menghukum. Bayi belajar berjalan dengan mengalami jatuh. Jika anda memukul bayi setiap kali ia jatuh, maka ia tak akan pernah tertarik untuk berjalan.
Robert Townsend

Seni Untuk Menjalani Hidup Penuh Keberhasilan
Seni untuk menjalani hidup penuh keberhasilan terutama didasarkan atas kemampuan untuk—pada saat yang bersamaan—memegang teguh dua gagasan yang bertolak belakang:
Pertama,membuat rencana-rencana jangka panjang, seolah-olah kita akan hidup selama-lamanya. Dan kedua, untuk setiap hari bertindak dengan sebaik-baiknya. Seakan-aan kita akan mati besok.
Sydney J. Harris

Menyimpan Rahasia
Selama sebuah rahasia tersimpan di hati anda, maka andalah tuannya, dan anda bisa menungganginya. Tapi begitu anda membebaskannya, maka dialah yang menjadi tuan anda, dan menunggangi anda.
George M. Lansa

Ketenangan dan Kepastian
Selama saya hidup—jika saya boleh memilh dimana harus tinggal–maka saya akan memilih kediaman yang jendelanya menghadap ke sungai. Hal yang membuat sungai begitu kelihatan tenang bagi saya ialah karena ia tidak punya keraguan sedikit pun. Ia selalu merasa pasti akan tiba di tujuan. Dan ia tidak pernah ingin pergi ke tempat lain.
Hal Boyle

Upaya Kecil Tapi Tetap Memberi Arti
Seraya lelaki tua itu berjalan di pantai saat fajar menyingsing, ia melihat ada seorang anak di kejauhan yang sedang memungut bintang laut dan melemparkannya ke air.
Ketika lelaki tua itu berhasil mendekati si anak, ia bertanya mengapa si anak berbuat demikian. Si anak menjawab bahwa bintang laut yang terdampar itu akan mati bila dibiarkan sampai matahari pagi datang.
“Tapi pantai ini bermil-mil panjangnya, dan ada jutaan bintang laut yang terdampar,” tukas lelaki tua itu. “Bagaimana mungkin upayamu ini bisa membuat sesuatu yang berarti?”
Si anak memandangi bintang laut yang ada d tangannya, lalu melemparkannya ke laut seraya berkata, “Upayaku akan ada artinya bagi bintang laut yang satu ini.”
Anonymus

Kreativitas
Kreativitas acapkali hanya merupakan hal membolak-balik apa yang sebenarnya sudah ada. Tahukah kita bahwa gagasan untuk menjual sepatu kanan dan sepatu kiri kepada masyarakat sebenarnya baru terpikirkan orang kira-kira seabad yang lalu?
Bernice Fitz-Gibbon

Makna Kematian
Kematian adalah perpisahan terakhir dengan semua hal yang kita upayakan, semua hal yang kita bangun, dan semua yang dekat serta berharga bagi kita. Tapi sayang, kematian adalah hal terakhir pula yang kita alami. Sebab, kalau tidak, ia bisa mengajarkan kepada kita banyak sekali hal mengenai kehidupan ini.
Robert M. Harold

Berkata Tidak
Keinginan untuk mendapat kesan yang baik dalam pikiran orang lain acapkali membuat kita segan mengatakan tidak pada siapa pun dan mengenai hal apa pun.
Hendaklah kita membina kemampuan untuk mengatakan tidak terhadap kegiatan-kegiatan dimana kita tidak mempunyai waktu atau bakat untuk melaksanakannya, dan dimana kita tidak mempunyai minat atau perhatian untuk melaksanakannya.
Jika kita belajar mengatakan tidak kepada banyak hal, maka kita akan mampu mengatakan ya kepada hal-hal yang sangat penting.
Anonymus

Menggunakan Kekuasaan
Jangnlah percayakan anak-anak dengan perkakas yang tajam. Janganlah percayakan manusia, ya Tuhan, dengan kekuasaan yang lebih besar dari yang ada padanya sebelum ia belajar menggunakan kekuasaan itu sedikit lebih baik.
Apa jadinya dunia ini jika kami bisa berbuat apa saja yang kami inginkan? Pasanglah lempeng pengaman pada ujung pedang itu, sampai jagoan-jagoan muda itu belajar bahwa mereka tidak boleh saling mencungkil mata lawannya.
Ralph Waldo Emerson

Kepala Yang Kosong
Kepala yang kosong itu sebenarnya tidaklah kosong. Dia penuh berisi sampah. Karena itulah timbul kesulitan untuk menjejalkan apa pun ke dalam kepala yang kosong.
Eric Hoffer

Rahasia Sukses
Saya dengar, semua orang sukses melakukan apa yang terbaik yang bisa dilakukannya tehadap sesuatu hal dalam kondisi sebagaimana hal itu ditemukannya; dan bukan menunggu tahun depan sampai kondisi itu menjadi lebih baik.
E.W. Howe

Memboroskan Waktu
Pengalaman membuktikan bahwa sebagian besar dari waktu itu sebenarnya diboroskan bukan dalam hitungan jam, tapi menit. Sebuah ember yang dasarnya berlubang, juga akan menjadi sama kosongnya seperti ember yang ditendang.
Paul J.Meyer

Mulut Adalah Cerminan Pikiran
Terlepas dari pengertian baik atau buruk, perkataan anda adalah iklan bagi diri anda. Setiap kali anda membuka mulut, maka berarti anda membiarkan orang lain masuk ke dalam pikiran anda.
Anonymus

Titik Lemah
Tembok Besar Cina adalah sebuah bangunan raksasa yang pembuatannya membutuhkan uang dan tenaga yang sangat besar.
Ketika tembok itu selesai dibangun kelihatannya ia tak mungkin tertaklukkan. Tapi tokh musuh bisa juga menembusnya. Bukan dengan membobolnya atau mengitarinya, tapi dengan menyuap penjaga gerbang.
Harry Emerson Fosdick

Kemampuan Mengenali Tuhan
Jika seseorang yang tanpa indera penciuman mengatakan bahwa mawar kuning yang saya pegang ini tidak berbau, maka hendaklah kita tahu bahwa dialah yang salah. Kekurangan ada pada dirinya, bukan pada kembang ini. Hal yang sama juga berlaku pada seseorang yang mengatakan bahwa Tuhan itu tidak ada. Ini jelas berarti bahwa ia tidak mempunyai kemampuan untuk mengenali kehadiran-Nya.
Sir Ralph Richardson

Upaya Yang Berkesinambungan
Saya memandang seorang pemecah batu sedang memukul sebongkah cadas sampai seratus kali tanpa kelihatan retak sedikit pun.Tapi, pada pukulan yang keseratus-satu kali, cadas itu pecah menjadi dua. Saya tahu bahwa bukan pukulan yang terakhir itulah yang membelah cadas, tapi semua pukulan yang sudah dilakukannya sebelumnya.
Jacob Riis

Menyenangkan Hati Tuhan
Dalam hidup ini kadang-kadang anda harus memilih, antara menyenangkan hati Tuhan dan menyenangkan hati manusia. Untuk kepentingan jangka panjang, lebih baik menyenangkan hati Tuhan. Ia lebih mampu untuk mengingat.
Harry Kemelman

Antara Tukang dan Seniman
Guido si tukang ledeng dan Michelangelo memperoleh marmer mereka dari tambang yang sama. Tapi apa yang dilihat masing-masing dari mereka, itulah yang berbeda. Yaitu antara pasu tempat membasuh tangan milik bangsawan dan patung yang luar biasa.
Rob Kall

Melihat Dalam Perspektif Lebih Luas
Ada yang mengatakan bahwa domba bisa tersesat hanya karena terlalu asyik merumput dan tak pernah mengangkat kepala. Hal itu juga bisa terjadi pada masing-masing kita. Kita bisa terlalu memusatkan perhatian pada apa yang langsung ada di hadapan kita, sehingga kita tidak mampu untuk melihat dalam perspektif yang lebih luas.
Pdt. Donald Bitsberger

Lenyap dan Muncul
Saya berdiri di tepi pantai. Sebuah perahu membentangkan layarnya yang putih ke arah angin pagi dan mulai berlayar ke laut lepas. Saya berdiri menatap perahu itu sampai ia hilang di kaki langit dan seseorang di sisi saya berkata, “Ia lenyap.”
Lenyap kemana? Dialah yang melihatnya lenyap. Ia tak lenyap. Pada saat yang sama ketika seseorang berkata, “Ia lenyap,” maka akan ada pula orang lain yang melihatnya muncul dan berseru gembira, “Ia muncul!” Dan itulah yang terjadi dengan kematian.
Henry Scott Holland

Sumbangsih Semua Orang
Saya ingin sekali untuk bisa melakukan sebuah tugas besar dan mulia. Tapi kewajiban saya yang utama ialah melaksanakan tugas-tugas kecil, seakan-akan tugas-tugas itu adalah besar dan mulia.
Green sang sejarawan, berkata pada kita bahwa dunia ini bergerak bukan hanya karena dorongan-dorongan besar dari para pahlawan, tapi juga karena kumpulan dorongan-dorogan kecil yang dilakukan oleh para pekerja yang tulus.
Helen Keller

Harapan
Saya rasa sukar untuk mengatakan apakah hal yang namanya harapan itu ada atau tidak. Harapan itu ibarat jalan di pedesaan. Tadinya tak ada jalan di sana. Tapi ketika orang-orang banyak lalu di sana, maka jadilah jalan itu.
Lusin

Doa
Janganlah biarkan aku berdoa agar terlindung dari bahaya; tapi biarlah aku menghadapinya dengan tak gentar.
Janganlah biarkan aku memohon agar kepedihanku dihilangkan; tapi biarlah aku diberi semangat untuk menaklukkannya.
Janganlah biarkan aku mencari sekutu dalam pertempuran hidup; tapi biarlah aku mencari kekuatanku sendiri.
Janganlah biarkan mengharap agar diselamatkan, tapi biarlah aku mengharap kesabaran untuk memenangkan kemerdekaanku.
Buatlah aku agar jangan menjadi pengecut, yang mengharapkan belas kasihmu hanya dalam keberhasilanku. Tapi biarlah aku mencari genggaman tanganmu di dalam kegagalanku.
Rabindranath Tagore

Sedekah
Seseorang yang memamerkan kekayaannya padaku sama saja halnya dengan pengemis yang memamerkan kemiskinannya. Kedua-duanya sama-sama mengharapkan sedekahku. Si kaya mengharapkan sedekah rasa cemburuku. Si miskin mengharapkan sedekah rasa bersalahku.
Ben Hecht

Hikmah dari Kerugian
Hal yang paling penting dalam hidup ini bukanlah apa yang anda peroleh. Orang bdoh pun bisa melakukan hal itu. Hal yang paling penting ialah membuat laba dari kerugian yang anda derita. Dan inilah yang membedakan antara orang yang berpikir sehat dan orang yang bodoh.
William Bolitho

Mengenang Orang-orang Yang Berjasa
Suatu bangsa tidak saja menyatakan dirinya dari orang-orang yang dihasilkannya; tap ijuga dari orang-orang yang dhormatinya, orang-orang yang dikenangnya.
John F. Kennedy

Menghargai Filsafat Hidup Seseorang
Janganlah kita hiraukan orang-orang yang menyampaikan kuliah atau khotbah tentang “filafat hidup”-nya, sebelum kita tahu benar bagaimana ia memperlakukan isterinya, anak-anaknya, tetangganya, teman-temannya, bawahannya dan musuh-musuhnya.
Sydney J. Harris

Ketekunan
Di dunia ini tak ada yang dapat menggantikan peran ketekunan. Bakat pun tidak. Kita sudah terlalu biasa melihat orang-orang yang berbakat tapi gagal. Kehebatan daya pikir pun tidak. Dunia ini penuh dengan gelandangan terpelajar. Ketekunan dan tekadlah di atas segala-galanya. Semboyan “maju terus”-lah yang telah memecahkan—dan akan selalu memecahkan—masalah umat manusia.
Calvin Coolidge

Kehormatan dan Sopan Santun
Pada suatu hari yang dingin sekumpulan landak duduk berdesak-desakan agar tubuh mereka hangat. Tapi rupanya duri-duri landak itu membuat kenyamanan kerumunan itu menjadi terganggu. Karena itu mereka memencar. Tapi kemudian kedinginan lagi. Setelah memencar dan berkerumun sampai beberapa kali akhirnya mereka bisa menemukan suatu jarak dimana mereka bisa merasa cukup hangat tapi tanpa harus saling menusuk. Dan sejak saat it jarak ini mereka sebut kehormatan dan sopan santun.
Arthur Schopenchauer

Ukuran Dalam Memperlakukan Orang
Penjahit saya adalah satu-satunya orang yang mempelakukan saya dengan pantas. Setiap kali ia melihat saya, ia memperbaharui ukuran saya. Orang-orang yang lainnya tetap saja memandang saya dengan ukuran yang lama.
Bernard Shaw

Kemerdekaan Berpikir
Manusia hampir tak pernah memnfaatkan kemerdekaan yang mereka miliki, yaitu kemerdekaan berpikir. Sebagai gantinya mereka menuntut kemerdekaan berbicara.
Soren Kieekegaard

Peluang Untuk Berbuat Baik
Ingatlah bahwa peluang untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang besar mungkin tak akan pernah datang. Tapi peluang untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang baik akan datang setiap hari. Sebenarnya yang harus kita dambakan adalah kebaikan, bukan kemegahan.
F.W. Faber

Reputasi
Reputasi orang itu seperti baying-bayangnya. Kadang-kadang ia mengikutinya, dan kadang-kadang ia mendahuluinya. Kadang-kakdang ia lebih panjang, dan kadang-kadang ia lebih pendek dari ukuran yang sebenarnya.
Anonymus

Kesepian
Shakspeare, Leonardo da Vinci, Benjamin Franklin dan Abaraham Lincoln belum pernah menonton televisi. Mereka mengalami “kesepian”, tapi tahu apa yang harus mereka perbuat denan kesepian itu. Mereka tidak takut kesepian, sebab mereka tahu bahwa pada saat itulah suasana kreatif di dalam diri mereka akan menyala-nyala.
Carl Sandburg

Menjadi Kuat Karena Megakui Kesalagan
Orang-orang yang kuat juga berbuat kesalahan sama banyak dan sama mengerikannya seperti orang-orang yang lemah. Perbedaannya ialah, bahwa orang-orang yang kuat mengakui,menertawakan dan belajar dari kesalahan-kesalahan itu. Dan dengan begitulah mereka menjadi kuat.
Richard J. Needham

Membawa Lawan ke Pihak Kita
Tariklah lawan ke sisimu dengan cara terhormat. Dalam sebuah pertengkaran, hal yang tak kalah penting dari mempertahankan kebenaran adalah membuka sedikit jalan keluar bagi lawan anda, sehingga dengan cara terhormat dan perlahan-lahan ia bisa bergeser ke pihakmu tanpa harus kehilangan muka sama sekali.
Sydney J. Harris

Empat Tipe Mental Manusia
Ada empat tipe mental manusia:
Manusia yang tahu, dan sadar bahwa ia tahu; bertanyalah kepaanya.
Manusia yang tahu, tapi tidak sadar bahwa ia tahu; ingatkanlah dia agar dia angan lalai.
Manusia yang tidak tahu, dan sadar bahwa ia tidak tahu; ajarilah dia.
Manusia yang idak tahu, tapi berpura-pura tahu; ia seorang bebal, karena itu menjauhlah dari padanya.
Solomon Ibn Gabirol

Hal-hal Yang Akan Punah
Hal-hal yang akan punah:
Politik tanpa prinsip, kesenangan tanpa hati nurani, kekayaan tanpa bekerja, pengetahuan tanpa watak, bisnis tanpa moral, ilmu tanpa rasa kemanusiaan, ibadah tanpa pengorbanan.
Mohandas K. Gandhi

Menghadapi Caci-Maki
Ketika seorang tolol mencai-makinya, Budha hanya mendengarkan dan diam. Tapi ketika orang itu telah selesai dengan caci-makinya, Budha bertanya kepadanya, “Anakku, jika seseorang menolak untuk menerima hadiah yang ditujukan kepadanya, siapa yang pantas untuk menerima hadiah itu?”
Jawab orang itu, “Tentu saja orang yang memberikan hadiah itu.”
“Anakku,” kata Budha. “Aku menolak untuk menerima perlakuanmu, dan kumohon agar hal itu kau simpan saja.”
Will Durant

Kebencian Yang Merusak
Jika kita membenci musuh kita, maka kita memberikan kepada mereka kekuatan untuk menaklukkan kita—kekuatan untuk menaklukkan tidur kita, selera makan kita dankebahagiaan kita.
Mereka akan menari-nari dengan bersuka-cita jika mereka tahu seberapa jauh sudah mereka membuat kita cemas. Kebencian kita, samasekali tidak akan membuat mereka sakit, tapi justeru akan membuat hari-hari dan malam-malam kita menjadi neraka yang penuh kegalauan.
Dale Carnegie

Prasangka
Kita semua tahu bahwa prasangka adalah sesuatu yang paling sukar dihilangkan dari hati yang tanahnya tak pernah dicangkul atau dipupuk oleh pendidikan. Prasangka itu tumbuh disana dengan kokoh, seperti ilalang di antara bebatuan.
Charlotte Bronte

Kesadaran Akan Sesuatu Yang Kita Miliki
Memang benar, seperti kata peribahasa jaman dahulu, kita sering tidak tahu bahwa kita memiliki sesuatu sampai sesuatu itu pergi dari kita. Tapi sebaliknya juga, kita sering tidak tahu bahwa kita kehilangan sesuatu sampai sesuatu itu datang kembali pada kita.
Elaine McCreight

Sarana Untuk Memperoleh Kebahagiaan
Sarana untuk memperoleh kebahagaan ialah bagaimana kita, dari dalam diri kita, merentangkan jaring perekat kasih ke segala penjuru, seperti seekor laba-laba, dan menangkap semua yang datang.
Leo Tolstoy

Disiplin
Ayah saya mengajarkan kepada saya bahwa hanya dengan disiplin dirilah kita baru bisa memperoleh kemerdekaan. Tuanglah air ke dalam mangkuk, dan barulah anda bisa meminumnya. Tanpa mangkuk, air akan tumpah kemana-mana. Mangkuk adalah disiplin.
Ricardo Montalban

Kegagalan
Perhatikanlah perbedaan antara apa yang terjadi bila seseorang berkata, “Saya telah gagal tiga kali”, dan apa yang terjadi bila ia berkata, “Saya orang yang gagal”.
S.I. Hayakawa

Jangan Membicarakan Hal-hal Yang Membuat Hidup Tak Bahagia
Jika anda membicarakan masalah anda, penyakit anda, luka anda, berarti anda memberi tambahan umur pada hal-hal yang membuat anda tak bahagia. Membicarakan kepedihan-kepedihan hanya akan menambah kepedihan itu. Akuilah hanya hal-hal yang anda dambakan. Pikirkan dan bicarakanlah hanya hal-hal baik yang menambah kenikmatan pekerjaan dan hidup anda. Jika anda tidak membicarakan kepedihan anda, maka dengan gembira anda akan bisa melihat bagaimana kepedihan itu menghilang.
Thomas Dreier

Hidup Yang Berat?
Jika saya mendengar sesorang mengeluh, “Hidup ini berat”, maka saya selalu tergoda untuk bertanya, “Dibandingkan dengan apa?”
Sydney J. Harris

Dibutuhkan Pionir
Ketika Dr. Livingstone bekerja di Afrika, sekelompok teman-temannya menyuratinya, “Kami ingin mengirim beberapa orang lagi kepada anda. Sudahkah anda temukan jalan yang baik menuju ke daerah anda itu?”
Menurut keterangan anggota keluarganya, Dr. Livingstone mengirim pesan berikut ini sebagai balasannya, “Jika orang yang ada pada anda itu hanya baru mau datang jika mereka tahu sudah ada jalan yang baik, maka saya tidak membutuhkan orang seperti itu. Saya membutuhkan orang yang mau datang walau pun belum ada jalan samasekali.”
Lewis Timberlake

Obat Yang Bernama Kasih Sayang
Seorang dokter yang bijaksana berkata kepada saya, “Saya telah melakukan praktek dokter selama 30 tahun, dan saya telah menulis banyak sekali resep. Tapi lama-kelamaan saya mendapatkan pelajaran, bahwa untuk sebagian besar penyebab penyakit manusia maka obat yang terbaik adalah kasih sayang.”
“Bagaimana jika obat itu idak manjur?” tanya saya.
“Lipat duakan dosisnya,” jawabnya.
Howad Whitman

Kemajuan
Hendaklah kita mengisi waktu yang diberikan kepada kita dengan hidup dan bekerja, sehingga apa yang datang kepada kita sebagai bji mungkn bisa diteruskan kepada generasi yang berikut sebagai bunga, dan apa yang datang kepada kita sebagai bunga mungkin bisa diteruskan kepada generasi berikut sebagai buah. Inilah yang kita sebut sebagai kemajuan.
Henry Ward Beecher

Karakter
Berhati-hatilahdengan pikiran anda, sebab mereka akan menjadi kata-kata. Berhati-hatilah dengan kata-kata anda, sebab mereka akan menjadi kebiasaan. Berhati-hatilah dengan kebiasaan anda, sebab mereka akan menjadi karakter. Berhati-hatilah dengan karakter anda, sebab ia akan menentukan nasib anda.
Frank Outlaw